Jumat, 09 November 2012

OBJECT DALAM PEMODELAN GRAFIS


Gambar 1 dimensi:

*elips

 *rectangle
*star








Gambar 3 dimensi:
*oiltank

 *prism

 *tube





perintah penggandaan:

CLONE
Perintah ini digunakan untuk menggandakan objek dengan ukuran dan posisi
yang persis sama dengan objek induknya. Oleh karena itu, untuk dapat
melihat objek hasil clone, Anda harus mentransformasi objek induk atau
objek hasil clone terlebih dahulu.

Mirror
Perintah ini digunakan untuk menggandakan objek dan mencerminkannya
pada sumbu dan jarak tertentu yang ditentukan pada kotak dialog Mirror
Options.



ARRAY
Fasilitas didalam 3ds Max yang digunakan untuk memperbanyak objek dalam
jumlah lebih dari satu. Objek tersebut dapat digandakan dalam jumlah tertentu sesuai
dengan kebutuhan.
Ada 3 dimensi metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array :

*Array 1D
Metode ini objek akan digandakan searah.

*Array 2D
Adalah salah satu metode penggandaan objek terhadap dua sumbu.*

*Array 3D
Adalah salah satu metode penggandaan objek terhadap tiga buah sumbu.

Perbedaan dari ketiganya adalah di koordinat tata letak objek yang dingin digandakan. Kalau clone itu persis sama, kalau mirror itu berhadapan, sedangkan array, bisa kita tentukan sendiri tata letaknya.

MACAM-MACAM MODIFIER:

A. BEND
Digunakan untuk membengkokkan objek 3 dimensi.
langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Tube dengan ukuran Radius 1 = 20, Radius 2 = 30, dan
Height = 100.
2. Klik select object lalu pilih objek Tube tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab menu Modifier List, kemudian pilih ikon Bend
4. Pada parameters Bend isilah kotak Angle dengan nilai 60.
5. Pilih Bend Axis Z.
Pilih Bend
Klik Modifier
List
3D Studio Max
AIS- Bina Sarana Informatika
Keterangan :
_ Angle : Sudut pembengkokan terhadap bidang vertikal.
_ Direction : Arah putar pembengkokan terhadap bidang horizontal.
_ Bend Axis : Sumbu acuan pembengkokan.
_ Limits : Batas pengaruh terhadap pembengkokan.
( Gambar 10 )
Hasil Dari Proses Bend
Bend Axis = Z
Angle = 60
3D Studio Max
AIS- Bina Sarana Informatika

B. TWIST
Modifier Twist merupakan fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Box pada Top Viewport dengan parameters Length=40,
Width=40, dan Height=100.
2. Klik select object lalu pilih objek Box tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab Modify lalu klik menu Modifier List, kemudian
pilih ikon Twist.
Objek Box dalam
keadaan terpilih
Pilih Twist
Klik
Modifier
List
Tab Modify
3D Studio Max
AIS- Bina Sarana Informatika
4. Ubahlah nilai Angle dari parameters Twist dengan nilai 90 dan Twist Axis Z.
( Gambar 10 )
Hasil Dari Proses Modifier Twist

C. EXTRUDE
Modifier Extrude ini hanya berlaku untuk objek 2 dimensi. Dimana modifier
Extrude ini digunakan untuk membuat ketebalan dari objek 2D tersebut.
perintah ini berfungsi untuk memberikan dimensi/volume/ ketebalan pada objek 2D menjadi objek bentuk 3d. proses ekstrusi dilakukan dengan cara menyapu penampang searah garis lurus.

Langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek 2 dimensi misalnya objek Text.
2. Perhatikan gambar berikut ini.
Klik tombol Z
pada Twist Axis
Ubah Nilai Angle
menjadi 90
3D Studio Max
AIS- Bina Sarana Informatika
3. Klik tab Shapes pada Command Panel, Kemudian klik tombol Text.
4. Pada Parameters Text tentukanlah jenis text yang diinginkan, lalu ubah nilai Size
sesuai dengan kebutuhan, ubah nilai Kerning untuk memberikan spasi pada Text
tersebut, setelah itu pada kotak Text anda ketikkan Text yang diinginkan.
5. Kemudian anda langsung klik pada Front Viewport.
6. Klik select object lalu pilih objek Text tersebut.
Ketikkan Text
yang diinginkan
Ubah nilai
Kerning = 5
Ubah nilai
Size = 30
Klik untuk
menentukan
jenis Text-nya
Klik tombol Text
Klik Tab Shapes
pada Command
Panel
3D Studio Max
AIS- Bina Sarana Informatika
7. Klik pada tab Modifier List kemudian klik pilihan Extrude.
8. Pada parameters Extrude masukkan nilai Amount dengan 15.
( Gambar 11 )
Klik pilihan
Extrude
Klik
Modifier List


Operasi Modify

              Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan.

1.Union 

Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.

A.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube


B.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union


2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :

A.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube




 B.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection




3.Subtraction

Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference

 1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube


 2. Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference




4.Cut

.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:




2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools




3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek





4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On







http://www.cbs-bogor.net/galeri/ebooklain/AnimasiMultimedia/Tutorial_3DMax_bag-1.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar