Gambar 1 dimensi:
*elips
*star
Gambar 3 dimensi:
*oiltank
perintah penggandaan:
CLONE
Perintah
ini digunakan untuk menggandakan objek dengan ukuran dan posisi
yang
persis sama dengan objek induknya. Oleh karena itu, untuk dapat
melihat
objek hasil clone, Anda harus mentransformasi objek induk atau
objek hasil
clone terlebih dahulu.
Mirror
Perintah
ini digunakan untuk menggandakan objek dan mencerminkannya
pada
sumbu dan jarak tertentu yang ditentukan pada kotak dialog Mirror
Options.
ARRAY
Fasilitas
didalam 3ds Max yang digunakan untuk memperbanyak objek dalam
jumlah lebih
dari satu. Objek tersebut dapat digandakan dalam jumlah tertentu sesuai
dengan
kebutuhan.
Ada 3 dimensi
metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array :
*Array
1D
Metode ini
objek akan digandakan searah.
*Array
2D
Adalah salah
satu metode penggandaan objek terhadap dua sumbu.*
*Array 3D
Adalah salah
satu metode penggandaan objek terhadap tiga buah sumbu.
Perbedaan dari ketiganya adalah di koordinat tata letak objek yang
dingin digandakan. Kalau clone itu persis sama, kalau mirror itu berhadapan,
sedangkan array, bisa kita tentukan sendiri tata letaknya.
MACAM-MACAM MODIFIER:
A.
BEND
Digunakan
untuk membengkokkan objek 3 dimensi.
langkah –
langkahnya yaitu :
1. Buatlah
sebuah objek Tube dengan ukuran Radius
1 = 20, Radius 2 = 30,
dan
Height
= 100.
2. Klik select
object lalu pilih objek Tube tersebut.
3. Pada
Command Panel klik tab menu Modifier List,
kemudian pilih ikon Bend
4. Pada
parameters Bend isilah kotak Angle
dengan nilai 60.
5. Pilih Bend
Axis Z.
Pilih Bend
Klik Modifier
List
3D Studio Max
AIS- Bina
Sarana Informatika
Keterangan :
_ Angle
: Sudut pembengkokan terhadap bidang vertikal.
_ Direction
: Arah putar pembengkokan terhadap bidang horizontal.
_ Bend
Axis : Sumbu acuan pembengkokan.
_ Limits
: Batas pengaruh terhadap pembengkokan.
(
Gambar 10 )
Hasil
Dari Proses Bend
Bend Axis = Z
Angle = 60
3D Studio Max
AIS- Bina
Sarana Informatika
B.
TWIST
Modifier Twist
merupakan fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah –
langkahnya yaitu :
1. Buatlah
sebuah objek Box pada Top Viewport dengan parameters Length=40,
Width=40, dan
Height=100.
2. Klik select
object lalu pilih objek Box tersebut.
3. Pada
Command Panel klik tab Modify lalu
klik menu Modifier List,
kemudian
pilih ikon Twist.
Objek Box
dalam
keadaan
terpilih
Pilih Twist
Klik
Modifier
List
Tab Modify
3D Studio Max
AIS- Bina
Sarana Informatika
4. Ubahlah
nilai Angle dari parameters Twist
dengan nilai 90 dan Twist
Axis Z.
(
Gambar 10 )
Hasil
Dari Proses Modifier Twist
C.
EXTRUDE
Modifier
Extrude ini hanya berlaku untuk objek 2 dimensi. Dimana modifier
Extrude ini
digunakan untuk membuat ketebalan dari objek 2D tersebut.
perintah ini
berfungsi untuk memberikan dimensi/volume/ ketebalan pada objek 2D menjadi
objek bentuk 3d. proses ekstrusi dilakukan dengan cara menyapu penampang searah
garis lurus.
Langkah –
langkahnya yaitu :
1. Buatlah
sebuah objek 2 dimensi misalnya objek Text.
2. Perhatikan
gambar berikut ini.
Klik tombol Z
pada Twist
Axis
Ubah Nilai Angle
menjadi 90
3D Studio Max
AIS- Bina
Sarana Informatika
3. Klik tab Shapes
pada Command Panel, Kemudian klik tombol Text.
4. Pada Parameters
Text tentukanlah jenis text yang diinginkan, lalu
ubah nilai Size
sesuai dengan
kebutuhan, ubah nilai Kerning untuk
memberikan spasi pada Text
tersebut,
setelah itu pada kotak Text anda ketikkan Text yang diinginkan.
5. Kemudian
anda langsung klik pada Front Viewport.
6. Klik select
object lalu pilih objek Text tersebut.
Ketikkan Text
yang
diinginkan
Ubah nilai
Kerning
= 5
Ubah nilai
Size
= 30
Klik untuk
menentukan
jenis Text-nya
Klik tombol Text
Klik Tab Shapes
pada Command
Panel
3D Studio Max
AIS- Bina
Sarana Informatika
7. Klik pada
tab Modifier List kemudian klik pilihan Extrude.
8. Pada
parameters Extrude masukkan nilai
Amount dengan 15.
(
Gambar 11 )
Klik pilihan
Extrude
Klik
Modifier List
Operasi Modify
Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan.
1.Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.
A.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
B.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :
A.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
B.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection
3.Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference
1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2. Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
4.Cut
.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:
2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools
3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek
4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
Operasi Modify
Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan.
1.Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.
A.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
B.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :
A.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
B.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection
3.Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference
1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2. Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
4.Cut
.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:
2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools
3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek
4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
http://www.cbs-bogor.net/galeri/ebooklain/AnimasiMultimedia/Tutorial_3DMax_bag-1.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar