Manusia Dan Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.
Menurut The Liang Gie dalam bukunya “G,a-ris Besar Estetik” (Filsafat Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Perancis “beau”, Italia dan Spanyol “bello”, kata-kata itu ber¬asal dari- bahasa Latin “bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan sehingga ditulis “bellum”.
Manusia setiap waktu memperindah diri, pakaian, rumah, kendaraan dan sebagainya agar segalanya tampak mempesona dan menyenangkan bagi yang melihatnya. Semua ini menunjukkan betapa manusia sangat gandrung dan mencintai keindahan. Seolah-olah keindahan termasuk konsumsi vital bagi indera manusia. Tampaknya kerelaan orang mengeluarkan dana yang relatif banyak untuk keindahan dan menguras tenaga serta harta untuk menikmatinya, seperti bertamasya ke tempat yang jauh bahkan berbahaya, hal ini semakin mengesankan betapa besar fungsi dan arti keindahan bagi seseorang. Agaknya semakin tinggi pengetahuan, kian besar perhatian dan minat untuk menghargai keindahan dan juga semakin selektif untuk menilai dan apa yang harus dikeluarkan untuk menghargainya, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang dapat menghayati keindahan.
Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah
Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja.
Keindahan seluas-luasnya
Menurut luasnya pengertian keindahan dibedakan menjadi 3, yaitu :
1. Keindahan dalam arti luas.
Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.
Jadi pengertian yang seluas-Iuasnya meliputi :
• keindahan seni
• keindahan alam
• keindahan moral
• keindahan intelektual.
2. Keindahan dalam arti estetik murni.
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.
3. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan
Keindahan dalam arti yang terbatas, mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengarnat.
Nilai Estetik
Dalam rangka teori umum tentang nilai The Liang Gie menjelaskan bahwa, pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik. Dalam ”Dictionary of Sociology and Related Science” diberikan rumusan tentang nilai sebagai berikut : ”The believed Capacity of any object to saticgy a human desire. The Quality of any object which causes it be of interest to an individual or a group” (Kemampuan yang dianggap ada pada suatu benda yang dapat memuaskan keinginan manusia. Sifat dari suatu benda yang menarik minat seseorang atau suatu kelompok).
Hal itu berarti, bahwa nilai adalah semata-mata adalah realita psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada hendaknya itu sendiri. Nilai itu (oleh orang) dianggap terdapat pada suatu benda sampai terbukti letak kebenarannya.
Nilai Ekstrinsik Dan Nilai Instrinsik
Nilai itu ada yang membedakan antara nilai subyektif dan obyektif, Tetapi penggolongan yang penting ialah :
Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (instrument / contributory), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.
Nilai Instrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
Contoh :
1. Puisi bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik. Sedangkan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai instrinsik.
2. Tari, tarian Darmawulan – Minak Jinggo suatu tarian yang halus dan kasar dengan segala macam jenis pakaian dan gerak – geriknya.
Tarian ini merupakan nilai ekstrinsik,sedangkan pesan yang ingin disampaikan oleh tarian itu ialah kebaikan melawan kejahatan merupakan nilai instrinsik.
Kontemplasi Dan Ekstansi
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.
Manusia menciptakan berbagai macam peralatan untuk memecahkan rahasia gejala alami tersebut. Semuanya ini dilakukan dan hanya bisa terjadi berdasarkan resep atau pemikiran pendahuluan yang dihasilkan oleh kontemplasi. Siklus kehidupan manusia dalam lingkup pandangan ini menunjukkan bahwa kontemplasi selain sebagai tujuan juga sebagai cara atau jalan mencari keserba sempurnaan kehidupan manusia.
Teori-Teori Dalam Renungan
Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori antara lain : teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologis.
- Teori Pengungkapan.
Dalil teori ini ialah bahwa “arts is an expresition of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia) Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan karya seni. Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952) Beliau antara lain menyatakan bahwa “Seni adalah pengungkapan pesan-pesan) expression adalah sama dengan intuition, dan intuisi adalah pegnetahuan intuitif yang diperoleh melalui penghayatan tentagn hal-hal individual yang menghasilkan gambaran angan-angan (images).”
Seorang tokoh lainnya adalah Leo Tolstoi dia menegaskan bahwa kegiatan seni aalah memunculkan dalam diri sendiri suatu perasaan yagn seseorang telah mengalaminya dan setelah memunculkan itu kemudian dengan perantaraan berbagai gerak, garis, warna, suara dan bentuk yang diungkapkan dalam kata-kata memindahkan perasaan itu sehingga orang-orang mengalami perasaan yang sama.
- Teori Metafisik
Teori seni yang bercotak metafisik merupakan salah satu contoh teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karyanya untuk sebagian membahas estetik filsafat, konsepsi keindahan dari teori seni. Mengenai sumber seni Plato mengungkapkan suatu teori peniruan (imitation teori). Ini sesuai dengan metafisika Plato yang mendalikan adanya dunia ide pada tarat yang tertinggi sebgai realita Ilahi. Paa taraf yang lebih rendah terdapat realita duniawi ini yang merupakan cerminan semu dan mirip realita ilahi. Dan karyu seni yang dibuat manusia adalah merupakan mimemis (tiruan) dari ralita duniawi
- Teori Psikologis
Para ahli estetik dalam abad modern menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis. Misalnya berdasarkan psikoanalisa dikemukakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan-keinginan bawah sadar dari seseorang seniman. Sedang karya seni tiu merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang wujudkan keluar dari keinginan-keinginan itu. Teori lain lagi yaitu teori permainan yang dikembangkan oleh Fredrick Schiller (1757 -1805) dan Herbert Spencer ( 1820 – 1903 ) menurut Schiller, asal seni adalah dorongan batin untuk bermain-main (play impulse) yang ada dalam diri seseorang. Seni merupakan semacam permainan menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan. Dalam teori penandaan (signification theory) memandang seni sebagai lambing atau tanda dari perasaan manusia.
Sumber :
www.elearning.gunadarma.ac.id
http://gegehare.blogspot.com
Sabtu, 09 April 2011
Rabu, 06 April 2011
manusia dan cinta kasih
Manusia Dan Cinta Kasih
Pengertian Cinta Kasih Rasa sangat suka, sayang, ataupun sangat tertarik hatinya
Kamus Besar Bahasa Indonesia (W.J.S. Poerwadarminta)
Perasaan jiwa san gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai
kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang.
Buku Manajemen Cinta (Dr. Abdullah Nasih Ulwan)
Perasaan jiwa san gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai
kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang.
Buku Manajemen Cinta (Dr. Abdullah Nasih Ulwan)
Unsur
Keterikatan (Cinta setia)
Keintiman (Cinta saudara)
Kemesraan( Cinta rayuan)
Tingkatan
Tinggi Allah, Rasulnya, dan Jihad Fisabilillah
Menengah Orang tua, Anak, Saudara, Istri/suami
Rendah Keluarga, kerabat, harta, tempat tinggal
Cinta dalam Agama
Cinta diri (QS. Al Adiyat:8, QS Fushilat : 49)
Cinta Kepada Sesama
Cinta Seksual
Cinta Kebapakan
Cinta Kepada Allah
Cinta Kepada Rasul
Kasih Sayang
Orang tua aktif, anak pasif
Orangtua pasif, anak aktif pelestarian
Orangtua pasif, anak pasif
Orang tua aktif, anak aktif
Kemesraan
Hubungan yang akrab
baik antara pria dan
wanita yang sedang
dimabuk asmara maupun
yang sudah berumah
tangga
Pemujaan
Salah satu manifestasi cinta manusia kepada
Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam
bentuk komunikasi ritual.
Belas Kasihan
Cinta Agape
Cinta Philia
Cinta Amor
Cinta manusia kepada Tuhan
Cinta kepada ibu, bapak, saudara dan yang ketiga
Cinta antara pria dan wanita
Rahmah
Bersimpati pada nasib keadaan yang diderita
orang lain
Cinta Kasih Erotis
Campur baur dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuh cinta,
dalam cinta kasih terdapat ekskludivitas yang tidak terdapat dalam
cinta kasih persaudaraan dan keibuan
sumber: newarr.weebly.com/uploads/5/3/3/6/5336039/ibd_4_cinta_kasih.pdf
Pengertian Cinta Kasih Rasa sangat suka, sayang, ataupun sangat tertarik hatinya
Kamus Besar Bahasa Indonesia (W.J.S. Poerwadarminta)
Perasaan jiwa san gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai
kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang.
Buku Manajemen Cinta (Dr. Abdullah Nasih Ulwan)
Perasaan jiwa san gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai
kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang.
Buku Manajemen Cinta (Dr. Abdullah Nasih Ulwan)
Unsur
Keterikatan (Cinta setia)
Keintiman (Cinta saudara)
Kemesraan( Cinta rayuan)
Tingkatan
Tinggi Allah, Rasulnya, dan Jihad Fisabilillah
Menengah Orang tua, Anak, Saudara, Istri/suami
Rendah Keluarga, kerabat, harta, tempat tinggal
Cinta dalam Agama
Cinta diri (QS. Al Adiyat:8, QS Fushilat : 49)
Cinta Kepada Sesama
Cinta Seksual
Cinta Kebapakan
Cinta Kepada Allah
Cinta Kepada Rasul
Kasih Sayang
Orang tua aktif, anak pasif
Orangtua pasif, anak aktif pelestarian
Orangtua pasif, anak pasif
Orang tua aktif, anak aktif
Kemesraan
Hubungan yang akrab
baik antara pria dan
wanita yang sedang
dimabuk asmara maupun
yang sudah berumah
tangga
Pemujaan
Salah satu manifestasi cinta manusia kepada
Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam
bentuk komunikasi ritual.
Belas Kasihan
Cinta Agape
Cinta Philia
Cinta Amor
Cinta manusia kepada Tuhan
Cinta kepada ibu, bapak, saudara dan yang ketiga
Cinta antara pria dan wanita
Rahmah
Bersimpati pada nasib keadaan yang diderita
orang lain
Cinta Kasih Erotis
Campur baur dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuh cinta,
dalam cinta kasih terdapat ekskludivitas yang tidak terdapat dalam
cinta kasih persaudaraan dan keibuan
sumber: newarr.weebly.com/uploads/5/3/3/6/5336039/ibd_4_cinta_kasih.pdf
Minggu, 27 Februari 2011
MANUSIA
1. Latar Belakang
Manusia adalah makhluk yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan tuhan yang lainnya seperti hewan hanya memiliki nafsu dan malaikat hanya diberi akal. Sedangkan diberikan keduanya yaitu nafsu dan akal. Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia).
2. Tujuan
Tujuan dari penulisan ini ialah selain untuk menyelesaikan tugas IBD, penulisan ini juga untuk mengetahui hakikat sebenarnya mengapa kita diciptakan di dunia ini dan bagaimana kita menjalani hidup ini. Karena banyak manusia yang hidup tanpa tau kenapa dia diciptakan dan untuk apa dia diciptakan.
3. Isi
Yang pertama akan saya bahas ialah posisi manusia diantara makhluk lainnya. Manusia hakikatnya ialah makhluk yang paling sempurna karena manusia diberi anugrah berupa akal dan nafsu. Jika dibandingkan dengan makluk lainnya yang kasat mata seperti hewan, mereka sama – sama memiliki nafsu. Namun manusia diberi kelebihan yaitu akal untuk mengkontrol nafsunya. Itu tadi jika dibandingkan dengan hewan. Bagaimana dengan makhluk allah yang tidak kasat mata seperti malaikat.? Para ulama mengatakan bahwa para malaikat adalah jawahir basithah yang diberi akal, tidak memerlukan tempat, ada yang berhubungan dengan benda konkret seperti otak, ada pula yang berhubungan dengan yang abstrak seperti jiwa. Malaikat memiliki kemampuan logika akal yang tidak sempurna. Mereka tidak terhalang dari cahaya Allah. Dan tidak dilarang berada bersamanya pada suatu waktu, pada suatu keadaan dengan tidur, lalai atau syahwat. Bahkan mereka menikmati dengan apa yang mereka saksikan. Ketaatan mereka adalah karakter dan kemaksiatan mereka adalah tugas. Ini berbeda dengan manusia yang ketaatannya adalah tugas dan mengikuti hawa nafsu adalah karakter (lihat Al-Kulliyat karya Abul Baqa’, halaman 854, penerbit Ar-Risalaat). (Sumber: http://www.dakwatuna.com/2008/iman-kepada-malaikat/). Jadi manusia itu ialah makluk yang paling sempurna dibanding dengan makhluk lainnya yang diciptakan Allah maka tak heran kalau manusia diutus sebagai khalifah (pemimpin) bagi semesta alam.
Yang kedua adalah membahas tentang aspek-aspek manusia. Keberadaan manusia di dalam dunia ini dilengkapi dengan dua keadaan. Manusia adalah makhluk yang terdiri dari jasad dan ruh, artinya ia bukanlah makhluk jasadiah murni, bukan pula makhluk ruhaniah murni. Ia adalah gabungan antara keduanya yang membentuk entitas ketiga, yaitu jati dirinya sendiri. Dalam ciri khas yang dimiliki, manusia tidak dilihat dari perubahan jasadiahnya, tetapi pada ruhaniahnya. Dalam ruh ini manusia memiliki beberapa fakultas yang berlainan dalam keadaan yang berbeda. Ketika ia sedang melakukan proses berpikir ia disebut dengan ‘aql (intelek), ketika ia mengatur tubuh, ia disebut dengan nafs (jiwa), pada saat ia bertindak sebagai organ kognitif yang mengalami pencerahan intuisi, ia disebut dengan qalb (hati), dan ketika kembali ke dunianya yang abstrak, ia disebut ruh (al Attas, 2001:148). Terminologi-terinologi tersebut lebih merujuk kepada kondisi yang dihadapi oleh ruh itu sendiri. Manusia juga memiliki dua macam jiwa yang selaras dengan dua aspek manusia (jasmani dan ruhani). Yang lebih tinggi disebut dengan jiwa rasional (a nafs al natiqah) dan yang rendah disebut dengan jiwa hewani (al nafs al hayawaniyyah). Pada awal penciptaannya, jiwa rasional lah yang Ia tuju. Namun ia diberi kebebasan, sehingga nasib keselamatannya tergantung pada aspek mana yang mendapat prioritas.(sumber: http://zuh86.multiply.com/journal/item/7)
Yang ketiga adalah membahas tentang daya manusia. Sebelum kita masuk ke daya manusia, kita harus tahu dulu apa yang didayakan kepada manusia. Allah SWT. menjelaskannya dalam Al Qur’an, bahwa semua yang ada dialam ini memang sudah diciptakan untuk kepentingan manusia.
“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu” (al Baqarah: 29)dan “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.”(al Anbiyaa’:107). Jadi yang didayakan untuk manusia adalah seluruh yang ada dibumi mulai dari tumbuhan, hewan, air, udara, dan yang lainnya. Sekarang kita akan membahas tentang apa daya manusia.seperti yang dijelaskan pada surah berikut “Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (QS.11:61). Jadi tugas manusia dibumi ini ialah untuk menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia.
Yang terakhir ialah pembahasan tentang tipologi manusia. Tipologi itu sendiri adalah klasifikasi menurut jenis umum. Jadi tipologi manusia adalah klasifikasi manusia menurut jenis-jenis umumnya. Klasifikasi yang paling dasar dan utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita. Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua. Dan kalau penggolongan manusia berdasarkan sifat dasarnya, perlu diketahui pengelompokan kepribadian atau watak yang mula – mula ditetapkan oleh Hippocrates. Antara lain :
1. Tipe Kepribadian Sanguinis
Tipe ini paling baik dalam hal berurusan dengan orang lain secara antusias; menyatakan pemikiran dengan penuh gairah; memperlihatkan perhatian. Kelemahan tipe ini adalah berbicara terlalu banyak; mementingkan diri sendiri; sulit berkonsentrasi; kurang disiplin.
2. Tipe Kepribadian Melankolis
Tipe ini paling baik dalam hal mengurus perincian dan pemikiran secara mendalam, memelihara catatan, bagan dan grafik; menganalisis masyarakat yang terlalu sulit bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah mudah tertekan; menunda – nunda suatu pekerjaan; mempunyai citra diri yang rendah; mengajukan tuntutan yang tidak realistis pada orang lain.
3. Tipe Kepribadian Koleris
Tipe ini paling baik dalam hal pekerjaan yang memerlukan keputusan cepat; persoalan yang memerlukan tindakan dan pencapaian seketika; bidang-bidang yang menuntut kontrol dan wewenang yang kuat. Kelemahan tipe ini adalah tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain; sulit mengakui kesalahan; sulit bersikap sabar; terlalu pekerja keras.
4. Tipe Kepribadian Phlegmatis
Tipe ini paling baik dalam posisi penengahan dan persatuan; badai yang perlu diredakan; rutinitas yang terus membosankan bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah kurang antusias; malas; tidak berpendirian; sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih dan gelisah.
4. Rangkuman
Dengan segala kelebihan yang diberikan Allah kepada manusia jika dibanding makhluk lain, hendaknya kita mensyukuri segala kelebihan yang telah diberikan, yaitu dengan menjagadan memakmurkan bumi, memanfaatkan setiap kelebihan kita untuk hal-hal yang positif seperti mengunakan akal kita untuk menciptakan ilmu pengetahuan yang akan berguna nantinya dan dengan berbagai jenis manusia dengan penggolongannya, kita harus saling menghargai perbedaan tersebut.
Manusia adalah makhluk yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan tuhan yang lainnya seperti hewan hanya memiliki nafsu dan malaikat hanya diberi akal. Sedangkan diberikan keduanya yaitu nafsu dan akal. Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia).
2. Tujuan
Tujuan dari penulisan ini ialah selain untuk menyelesaikan tugas IBD, penulisan ini juga untuk mengetahui hakikat sebenarnya mengapa kita diciptakan di dunia ini dan bagaimana kita menjalani hidup ini. Karena banyak manusia yang hidup tanpa tau kenapa dia diciptakan dan untuk apa dia diciptakan.
3. Isi
Yang pertama akan saya bahas ialah posisi manusia diantara makhluk lainnya. Manusia hakikatnya ialah makhluk yang paling sempurna karena manusia diberi anugrah berupa akal dan nafsu. Jika dibandingkan dengan makluk lainnya yang kasat mata seperti hewan, mereka sama – sama memiliki nafsu. Namun manusia diberi kelebihan yaitu akal untuk mengkontrol nafsunya. Itu tadi jika dibandingkan dengan hewan. Bagaimana dengan makhluk allah yang tidak kasat mata seperti malaikat.? Para ulama mengatakan bahwa para malaikat adalah jawahir basithah yang diberi akal, tidak memerlukan tempat, ada yang berhubungan dengan benda konkret seperti otak, ada pula yang berhubungan dengan yang abstrak seperti jiwa. Malaikat memiliki kemampuan logika akal yang tidak sempurna. Mereka tidak terhalang dari cahaya Allah. Dan tidak dilarang berada bersamanya pada suatu waktu, pada suatu keadaan dengan tidur, lalai atau syahwat. Bahkan mereka menikmati dengan apa yang mereka saksikan. Ketaatan mereka adalah karakter dan kemaksiatan mereka adalah tugas. Ini berbeda dengan manusia yang ketaatannya adalah tugas dan mengikuti hawa nafsu adalah karakter (lihat Al-Kulliyat karya Abul Baqa’, halaman 854, penerbit Ar-Risalaat). (Sumber: http://www.dakwatuna.com/2008/iman-kepada-malaikat/). Jadi manusia itu ialah makluk yang paling sempurna dibanding dengan makhluk lainnya yang diciptakan Allah maka tak heran kalau manusia diutus sebagai khalifah (pemimpin) bagi semesta alam.
Yang kedua adalah membahas tentang aspek-aspek manusia. Keberadaan manusia di dalam dunia ini dilengkapi dengan dua keadaan. Manusia adalah makhluk yang terdiri dari jasad dan ruh, artinya ia bukanlah makhluk jasadiah murni, bukan pula makhluk ruhaniah murni. Ia adalah gabungan antara keduanya yang membentuk entitas ketiga, yaitu jati dirinya sendiri. Dalam ciri khas yang dimiliki, manusia tidak dilihat dari perubahan jasadiahnya, tetapi pada ruhaniahnya. Dalam ruh ini manusia memiliki beberapa fakultas yang berlainan dalam keadaan yang berbeda. Ketika ia sedang melakukan proses berpikir ia disebut dengan ‘aql (intelek), ketika ia mengatur tubuh, ia disebut dengan nafs (jiwa), pada saat ia bertindak sebagai organ kognitif yang mengalami pencerahan intuisi, ia disebut dengan qalb (hati), dan ketika kembali ke dunianya yang abstrak, ia disebut ruh (al Attas, 2001:148). Terminologi-terinologi tersebut lebih merujuk kepada kondisi yang dihadapi oleh ruh itu sendiri. Manusia juga memiliki dua macam jiwa yang selaras dengan dua aspek manusia (jasmani dan ruhani). Yang lebih tinggi disebut dengan jiwa rasional (a nafs al natiqah) dan yang rendah disebut dengan jiwa hewani (al nafs al hayawaniyyah). Pada awal penciptaannya, jiwa rasional lah yang Ia tuju. Namun ia diberi kebebasan, sehingga nasib keselamatannya tergantung pada aspek mana yang mendapat prioritas.(sumber: http://zuh86.multiply.com/journal/item/7)
Yang ketiga adalah membahas tentang daya manusia. Sebelum kita masuk ke daya manusia, kita harus tahu dulu apa yang didayakan kepada manusia. Allah SWT. menjelaskannya dalam Al Qur’an, bahwa semua yang ada dialam ini memang sudah diciptakan untuk kepentingan manusia.
“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu” (al Baqarah: 29)dan “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.”(al Anbiyaa’:107). Jadi yang didayakan untuk manusia adalah seluruh yang ada dibumi mulai dari tumbuhan, hewan, air, udara, dan yang lainnya. Sekarang kita akan membahas tentang apa daya manusia.seperti yang dijelaskan pada surah berikut “Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (QS.11:61). Jadi tugas manusia dibumi ini ialah untuk menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia.
Yang terakhir ialah pembahasan tentang tipologi manusia. Tipologi itu sendiri adalah klasifikasi menurut jenis umum. Jadi tipologi manusia adalah klasifikasi manusia menurut jenis-jenis umumnya. Klasifikasi yang paling dasar dan utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita. Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua. Dan kalau penggolongan manusia berdasarkan sifat dasarnya, perlu diketahui pengelompokan kepribadian atau watak yang mula – mula ditetapkan oleh Hippocrates. Antara lain :
1. Tipe Kepribadian Sanguinis
Tipe ini paling baik dalam hal berurusan dengan orang lain secara antusias; menyatakan pemikiran dengan penuh gairah; memperlihatkan perhatian. Kelemahan tipe ini adalah berbicara terlalu banyak; mementingkan diri sendiri; sulit berkonsentrasi; kurang disiplin.
2. Tipe Kepribadian Melankolis
Tipe ini paling baik dalam hal mengurus perincian dan pemikiran secara mendalam, memelihara catatan, bagan dan grafik; menganalisis masyarakat yang terlalu sulit bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah mudah tertekan; menunda – nunda suatu pekerjaan; mempunyai citra diri yang rendah; mengajukan tuntutan yang tidak realistis pada orang lain.
3. Tipe Kepribadian Koleris
Tipe ini paling baik dalam hal pekerjaan yang memerlukan keputusan cepat; persoalan yang memerlukan tindakan dan pencapaian seketika; bidang-bidang yang menuntut kontrol dan wewenang yang kuat. Kelemahan tipe ini adalah tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain; sulit mengakui kesalahan; sulit bersikap sabar; terlalu pekerja keras.
4. Tipe Kepribadian Phlegmatis
Tipe ini paling baik dalam posisi penengahan dan persatuan; badai yang perlu diredakan; rutinitas yang terus membosankan bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah kurang antusias; malas; tidak berpendirian; sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih dan gelisah.
4. Rangkuman
Dengan segala kelebihan yang diberikan Allah kepada manusia jika dibanding makhluk lain, hendaknya kita mensyukuri segala kelebihan yang telah diberikan, yaitu dengan menjagadan memakmurkan bumi, memanfaatkan setiap kelebihan kita untuk hal-hal yang positif seperti mengunakan akal kita untuk menciptakan ilmu pengetahuan yang akan berguna nantinya dan dengan berbagai jenis manusia dengan penggolongannya, kita harus saling menghargai perbedaan tersebut.
Selasa, 11 Januari 2011
cara menginstall mandriva free 2009.1
1. masuk ke BIOS, ubah agar first bootnya berawal dari DVD. Kemudian save.
2. tunggu sebentar lalu nanti akan muncul berbagai pilihan. pilihlah opsi "Install Mandriva Linux 2009 spring.
3. halaman awal kita diminta untuk memilih bahasa.
4.kemudian pilih opsi accept
5. disini kita akan disuruh membuat partisi. jika kalian mempunyai OS lain, maka lebih baik memilih opsi costum disk partitioning.
6. jika partisi anda sudah penuh. hapus lah yang menurut anda tidak penting.
7. setelah kosong,arahkan kembali ketempat partisi yang telah kosong tadi lalu klik. dan pilih opsi create. kemudian pilih file system Ext4 dan pada mount point /. agar menbooting root. klik ok.
8. kemudian klik swap yg berwarna hijau. lalu pilih berapa kapasitas yang diinginkan. idealnya 2x jumlah RAM anda. klik ok.
9. klik done.
10. klik none jika anda tidak memiliki paket tambahan
11. kemudian anda akan memilih tampilan desktop. pilih salah satu antara KDE & GNOME
12.kemudian instalasipun berjalan.
13. setelah selesai, selanjutnya akan tampil user management. isi semuanya. kemudian klik next.
14.untuk bootloader instalation. pilihlah yang anda kehendaki.
15. lalu akan tampil ringkasan instalasi. klik next.
16. dilayanan update, jika kalian connect ke internet, silahkan pilih yes. jika tidak, no.
17. tahapan instalasipun selesai. klik reboot.
18. setelah reboot, akan tampil Grub Boot Loader. pilih Boot Mandriva Linux 2009 Spring.
19.kemudian isi user name dan password yang telah dibuat sebelumnya.
20. jika passwordnya benar, anda akan menikmati OS mandriva 2009.1.
2. tunggu sebentar lalu nanti akan muncul berbagai pilihan. pilihlah opsi "Install Mandriva Linux 2009 spring.
3. halaman awal kita diminta untuk memilih bahasa.
4.kemudian pilih opsi accept
5. disini kita akan disuruh membuat partisi. jika kalian mempunyai OS lain, maka lebih baik memilih opsi costum disk partitioning.
6. jika partisi anda sudah penuh. hapus lah yang menurut anda tidak penting.
7. setelah kosong,arahkan kembali ketempat partisi yang telah kosong tadi lalu klik. dan pilih opsi create. kemudian pilih file system Ext4 dan pada mount point /. agar menbooting root. klik ok.
8. kemudian klik swap yg berwarna hijau. lalu pilih berapa kapasitas yang diinginkan. idealnya 2x jumlah RAM anda. klik ok.
9. klik done.
10. klik none jika anda tidak memiliki paket tambahan
11. kemudian anda akan memilih tampilan desktop. pilih salah satu antara KDE & GNOME
12.kemudian instalasipun berjalan.
13. setelah selesai, selanjutnya akan tampil user management. isi semuanya. kemudian klik next.
14.untuk bootloader instalation. pilihlah yang anda kehendaki.
15. lalu akan tampil ringkasan instalasi. klik next.
16. dilayanan update, jika kalian connect ke internet, silahkan pilih yes. jika tidak, no.
17. tahapan instalasipun selesai. klik reboot.
18. setelah reboot, akan tampil Grub Boot Loader. pilih Boot Mandriva Linux 2009 Spring.
19.kemudian isi user name dan password yang telah dibuat sebelumnya.
20. jika passwordnya benar, anda akan menikmati OS mandriva 2009.1.
Rabu, 08 Desember 2010
problema jakarta
saya hanya ingin mengungkapkan pendapat dan unek" saya tentang masalah yang sedang mendera jakarta saat ini.
kenapa yaa pemda DKI malah membangun jalan layang? memang sii saya tau maksudnya baik untuk menguraikan kemacetan. namun sepertinya ntu hanya untuk nmenyelesaikan masalah untuk jangka pendek. namun jika jalan dilebarkan keatas, maka sepertinya masyarakat akan bertambah banyak yang menggunakan kendaraan pribadinya. dampaknya akan sama saja. yaitu akan terjadi lagi kemacetan.
kenapa pemerintah tidak mencoba memperbaiki angkutan umum dan unsur-unsur pendukung dari angkutan umum tersebut (halte, stasiun, terminal, dll)? karena itu akan lebih baik. karena untuk sekarang, saya masih agak males untuk naik angkutan umum.
1. karena masih agak jauh dari kata nyaman.
2. untuk keamanannya pun masih diragukan.
3. untuk ketepatan waktunya pun masih kurang.
jadi jika dilihat dari berbagai aspek dan faktor, saya masih enggan untuk naik angkutan umum untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang harus dituntut untuk on time. menurut saya jika angkutan umum telah membaik dari berbagai segi aspek, dengan sendirinya masyarakat akan beralih keangkutan umum. dengan beralihnya masyarakat, dengan sendirinya beban pemerintah dibidang subsidi BBM juga akan berkurang.
kenapa yaa pemda DKI malah membangun jalan layang? memang sii saya tau maksudnya baik untuk menguraikan kemacetan. namun sepertinya ntu hanya untuk nmenyelesaikan masalah untuk jangka pendek. namun jika jalan dilebarkan keatas, maka sepertinya masyarakat akan bertambah banyak yang menggunakan kendaraan pribadinya. dampaknya akan sama saja. yaitu akan terjadi lagi kemacetan.
kenapa pemerintah tidak mencoba memperbaiki angkutan umum dan unsur-unsur pendukung dari angkutan umum tersebut (halte, stasiun, terminal, dll)? karena itu akan lebih baik. karena untuk sekarang, saya masih agak males untuk naik angkutan umum.
1. karena masih agak jauh dari kata nyaman.
2. untuk keamanannya pun masih diragukan.
3. untuk ketepatan waktunya pun masih kurang.
jadi jika dilihat dari berbagai aspek dan faktor, saya masih enggan untuk naik angkutan umum untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang harus dituntut untuk on time. menurut saya jika angkutan umum telah membaik dari berbagai segi aspek, dengan sendirinya masyarakat akan beralih keangkutan umum. dengan beralihnya masyarakat, dengan sendirinya beban pemerintah dibidang subsidi BBM juga akan berkurang.
Tugas ISD
BAGAIMANA SIKAP KITA (KAUM MUDA) DALAM MENYINGKAPI RELAWAN YANG BERNIAT MEMBANTU BANGSA DAN INGIN MENGAMBIL KEKAYAAN ALAM BANGSA KITA?
menurut saya kalau generasi muda kita bisa mengolah kekayaan alam kita secara maksimal dan baik, tak perlu takut kekayaan alam kita diambil. nah sekarang saatnya generasi muda indonesia harus bisa mengolah kekayaan negeri kita sendiri yang sangat kaya ini.
menurut saya kalau generasi muda kita bisa mengolah kekayaan alam kita secara maksimal dan baik, tak perlu takut kekayaan alam kita diambil. nah sekarang saatnya generasi muda indonesia harus bisa mengolah kekayaan negeri kita sendiri yang sangat kaya ini.
Sabtu, 30 Oktober 2010
Resensi Fitur Gunadarma
Saya disini ngin meresensi salah satu fitur yang disediakan oleh
gunadarma untuk keperluan tugas soft skill. Fitur yang saya ingin resensi ialah http://library.gunadarma.ac.id
Dari yang saya lihat dari situs tersebut, situs itu berisi tentang
segala informasi mengenai perpustakaan gunadarma. Mulai dari penelusuran
katalog, data peminjaman buku, koleksi buku terbaru sampai ke usulan buku.
Kita disini bisa melihat dafrtar buku-buku yang disediakan oleh
perpustakaan di penelusuran katalog,
sapa saja yang meminjam buku di data peminjaman buku, mengetahui daftar
buku terbaru yang dimiliki gunadarma di koleksi buku terbaru dan masih banyak
fitur-fitur lainnya yang tidak bisa saya sebutkan.
Namun
yang membuat saya merasa tidak nyaman ialah kita harus menjadi anggota
perpustakaan duhulu sebelum menggunakan segala fasilitas perpustakaan dan dalam
Pencarian Koleksi Penulisan
Ilmiah/Skripsi Perpustakaan
Universitas Gunadarma tidak melayani pelayanan permintaan copy file dan copy
cetak bahan pustaka PI, Skripsi, Thesis, Disertasi dan Journal, Layanan bahan
pustaka diatas hanya diberikan dalam bentuk abstraksi melalui internet dan
koleksi digital full text dalam bentuk CD yang hanya dapat di baca di tempat
(di perpustakaan). Jadi jika kita buka PI dari situs library.gunadarma.ac.id
maka yang keluar hanya sekedar informasi tentang penulis dan abstraksinya.
Jadi kesimpulan saya library.gunadarma.ac.id itu hanya memberikan informasi
tentang tentang perpustakaan. Namun jika ingin membaca dan meminjam buku, kita
harus datang ke perpustakaan gunadarma yang berada di gedung D dan E dan juga
harus mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu.
Langganan:
Postingan (Atom)